Kamis, 22 Desember 2016

Sinar Biru Gadget/Digital yang Merusak Mata

Sinar Biru Gadget/Digital yang Merusak Mata

"Sering ketika sudah main game pd smartphone atau laptop sampai lupa mata kita sdh trasa perih sampai kelur air"

Sinar biru adalah sinar terjauh yang dapat ditangkap oleh mata manusia (visible light). Dengan panjang gelombang (wavelengths) dikisaran 380 – 500 nm, energi sinar biru dikategorikan paling tinggi (High-Energy Visible) dibandingkan dengan sinar tampak (visible) lainnya. 

Sumber alami sinar biru berasal dari Matahari. Namun sinar ini juga dipancarkan oleh sumber lain yang bersifat non alami seperti lampu NEON, LED screen, TV, smartphone, perangkat digital lainnya yg memakai layar atau lcd.

Secara alamiah, sinar biru ada di mana-mana, dan semua orang berisiko terkena paparan sinar biru baik dari Matahari maupun perangkat digital yg selalu ada pd siri kita.

Walaupun kadar energi yang dipancarkannya tak sebesar energi sinar biru dari Matahari, sinar biru dari perangkat digital bisa berefek buruk secara jangka panjang bagi mata. 

Terlebih dengan kian populernya penggunaan gadget/smartphone jg laptop.

Mengutip data lain yang dilansir Global Web Index pada kuartal keempat 2015, tingkat konsumsi digital harian masyarakat melalui PC atau tablet saat ini secara rata-rata menghabiskan waktu selama 4 jam 42 menit dan melalui ponsel selama 3 jam 33 menit. Belum lagi tayangan televisi yang secara umum bisa menghabiskan waktu hingga 2 jam 22 menit setiap harinya. 

Dalam jangka pendek, paparan sinar biru bisa mengakibatkan gangguan, karena membuat mata terus melek, seharusnya beristirahat. Pengguna juga berisiko mengalami gangguan mata akibat perangkat digital yang disebut digital eyestrain syndrome. 

Untuk jangka panjang, akumulasi dari paparan sinar biru terhadap mata bisa mempercepat terjadinya degenerasi makula yang berujung pada resiko terburuk kebutaan. 

"Yang ditakutkan, efek ini akan menimpa generasi selanjutnya, mengingat anak di bawah usia 10 tahun yang paling mendominasi penggunaan gadget seperti tablet,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar